Rakuten, E-Commerce Jepang Akan Membuat Cryptocurrency



Rakuten, E-Commerce terbesar Jepang, dengan market capitalization 12.5 miliar USD, berencana meluncurkan cryptocurrency dengan nama Rakuten Coin berdasarkan teknologi blockchain dan super point loyality program yang telah berjalan di Rakuten.

Pengumuman ini dibuat oleh CEO Rakuten dan pendirinya Hiroshi Mikitani pada pidato di Mobile World Congress in Barcelona on Feb. 27.

Mikitani mendeskripsikan tentang aset ini adalah "mata uang tanpa batas", menggaris bawahi perbedaan visi dengan online rival lainya seperti Amazon, Alibaba atau eBay dan "menciptakan ulang" hubungan antara retailer dan merchant.

"Pada dasarnya, konsep kami adalah membuat ulang jaringan antara retailers dan merchants. Kami tidak ingin memutus hubungan mereka tetapi berfungsi sebagai katalis. Itulah filosofi kami, bagaimana memberdayakan masyarakat dengan tidak hanya menyediakan kenyamanan saja." Kata Mikitani.

Sistem Rakuten Super Points loyalty telah diluncurkan 15 tahun lalu dan telah menunjukan keberhasilan, dengen penerbitan 1 triliun Super Points kepada customer Rakuten, bernilai sekitar 9.1 miliar USD.

Points diperoleh setiap customer berbelanja di marketplace dan dapat digunakan untuk sebagai diskon di belanjaan selanjutnya atau untuk membeli produk tertentu atau jasa pada platform belanja.

Perusahaan berniat untuk menerapkan loyality program berdasar blockchain untuk menarik dan mengikutsertakan konsumen, dan menggunakan bunga berkembang pada cryptocurrencies untuk merekrut member baru pada skala global.

Namun, hingga saat ini Rakuten belum memberikan detail kapan akan diluncurkan service ini.

Pengumuman terakhir hampir 2 tahun yang lalu, setelah Rakuten Jepang mengakuisisi intelectual property asset dari Bitcoin payment processor, BitNet dan membuat Rakuten Blockchain Lab untuk mengeksploer penggunaan blockchain pada e-commerce dan fintech.
Powered by Blogger.